Posts

Showing posts from January, 2017

Asuransi yang bagus....

Image
"ADA ASURANSI YANG BAGUS?" begitu pertanyaan yang muncul. Sebentar, seperti apakah asuransi yang bagus itu? Maka, jawabnya begini,

"Maunya sih, preminya minimal sajalah. Tapi nanti, pas butuh buat anak sekolah, ada uangnya cukup. Nilai tunai dijamin 'kan? Lalu, kalau masuk rumah sakit, semuanya diganti sesuai tagihan ya. Nggak apa-apa deh, kamarnya ambil plan paling kecil, yang 250 ribu, nanti kalau masuk kamar 1 juta, selisihnya dibayar sendiri. Tapi semua tagihan yang lain: dokter, obat, bedah, dibayar sesuai tagihan. Terus kalau ada meninggal dunia, nanti ada ekstra uang pertanggungan alias dapet bonus.

Itu semua, biayanya minimal 'kan ya?"

"Berapa bersedia bayar preminya?"

"Bisa nggak Rp 300ribu sebulan?"

"Oh, dengan keinginan, berapa besar UP nya?"

"Yaaa... minimal Rp 500 juta lah. Kalau bisa sih minimal Rp 1 M. Tahu sendiri 'kan, nanti duit Rp 1 M iu tidak lagi bernilai seperti sekarang. Hehe...  saya sudah pinter '…

Literasi Finansial

Image
KIRA-KIRA DUA TAHUN YANG LALU, OBROLAN DENGAN SEORANG TEMAN tentang polis Asuransinya yang dia buat lima tahun sebelumnya (bukan saya agennya) kurang lebih begini:
"Don, emang asuransi nggak bener! Parah ini agennya! Nyesel gua ambil sama dia."
"Lho, kalem dulu Bro. Ada apa?"
"Ini lihat! Gua baru cek. Nilai investasinya jauh banget dari ilustrasi."
"Kalau investasi sih memang lagi jelek semua..." (ini tahun 2015 awal)
"Tapi ini ASURANSI kan? Harusnya dijamin! Kan udah dibikin hitungannya!"
"Ya, ada ilustrasi, namun semua ilustrasi dari semua perusahaan, nggak ada yang dijamin!"
"Makanya, Asuransi NGGAK BENER! Harusnya dijamin kan!"
" .... "



Saya bersyukur bahwa obrolan seperti di atas tidak lagi terjadi. Perlahan-lahan, saya mulai membaca postingan di medsos -- facebook -- dari teman-teman agen yang menjelaskan bahwa asuransi itu bukan investasi. Tujuan adanya investasi pada asuransi adalah untuk meningkatkan nilai…